Kisah Kegagalan Liverpool dan Arsenal Dapatkan Cristiano Ronaldo

Liverpool atau Arsenal bisa saja mendapatkan Cristiano Ronaldo, pemegang tiga trofi Ballon d’Or, ketika ia masih berusia remaja.

Namun satu faktor penting membuat pemain asal Portugal akhirnya memilih bergabung dengan Manchester United. Hal ini terungkap dalam buku ‘Cristiano Ronaldo: The Biography’ karangan Guillem Balague yang belum lama ini dirilis di Inggris.

The Telegraph merilis beberapa cuplikan buku tersebut, dan berikut bagian yang mengisahkan bagaimana CR7 mendarat di Inggris:

“Jorge Mendes bertemu dengan semua klub top Eropa untuk membicarakan Cristiano Ronaldo – yang kala itu masih ada di Sporting Lisbon – pada awal 2003. Liverpool memutuskan menawar 8 juta euro. Ada kesepakatan yang juga dicapai dengan Juventus, namun striker Chile milik mereka, Marcelo Salas, tidak ingin bergabung dengan Sporting.

“Mendes kemudian bertemu dengan perwakilan Barcelona untuk berbicara tentang Ricardo Quaresma, Tiago, Deco, dan Ronaldo. Klub Catalan punya laporan positif tentangnya: ‘Cepat, kuat, bisa bermain di kedua sayap, dan seorang pencetak gol. Kita harus dapatkan dia’.

“Pada akhirnya, Barcelona lebih memilih Quaresma, namun mereka punya perjanjian pra-kontrak dengan Ronaldo, yang akhirnya tak berarti apapun.

“Klub yang paling serius tahun itu adalah Arsenal. Direktur Steve Rowly bertemu dengan Mendes dan Ronaldo di Lisbon pada awal tahun, dan berencana melakukan pendekatan awal. ‘Ada saat di mana saya berpikir ia akan pergi ke Arsenal’, jelas Mendes.

“Cristiano jatuh hati pada klub itu…Wenger juga demikian, ia bahkan sudah menyimpan nomor punggung sembilan untuknya. Wakil chairman David Dean, pergi ke Lisbon untuk menyelesaikan transfer, namun tawaran yang ada dianggap terlalu murah oleh Sporting. ‘Arsenal, yang tengah membangun stadion baru tidak punya banyak dana, sehingga transfer itu tak terjadi,’ jelas Mendes.

“Kesalahan Arsenal kala itu adalah, meski mereka sudah selangkah lebih maju dalam negosiasi, tidak ada satu pun dokumen yang ditandatangani. Sementara itu, Manchester United baru saja menyepakati pertandingan uji coba melawan Sporting Lisbon di musim panas kala itu.”