Johan Cruyff, Sosok Paling Berpengaruh di Sepakbola

Johan Cruyff, Sosok Paling Berpengaruh di Sepakbola

Pujian kepada sang Legenda dituturkan oleh mantan pemain dan Pelatih Barcelona, Pep Guardiola. Sosok yang kini menangani Manchester City tersebut percaya bahwa Cruyff adalah seorang yang paling berpengaruh dalam sepakbola.

Johan Cruyff, Sosok Paling Berpengaruh di Sepakbola

Johan Cruyff, Legenda Sepakbola Belanda tersebut dianggap sebagai sosok paling berpengaruh dalam dunia sepakbola. Cruyff, yang sejatinya telah menghembuskan nafas terakhirnya di awal tahun ini, mendapat apresiasi besar sebagai otak di balik sukses dua klub top Eropa, Ajax Amsterdam dan Barcelona.

Hebatnya, Sukses yang ditanamkan Cruyff masih terus berlanjut sampai sekarang. Sosok yang diberikan kesempatan debut oleh sang Legenda di Barcelona, Pep Guardiola menyebut bahwa Cruyff merupakan cikal bakal dari Filosofi Barcelona dan Ajax Amsterdam saat ini.

“Dalam setiap Sesi latihan dan dalam setiap pertandingan, dia adalah masterclass, menganalisis setelah pertandingan mengapa kami main bagus, atau main buruk. Kami seperti sedang mengikuti universitas Pelatih setiap hari”

“Dalam pandangan saya, Cruyff merupakan orang paling bersejarah dalam sepakbola sepanjang sejarah. Ia tidak hanya mengubah satu klub, ia mengubah dua klub. Sebagai pemain dan sebagai pelatih, rasanya sangat mustahil untuk menemukan sosok seperti dirinya lagi, sekarang dan di masa yang akan datang”

“Saat orang-orang ditanya tentang siapa pelatih terbaik, mereka selalu menjadikan gelar sebagai acuan utama. Dalam pandangan saya sendiri itu bukan masalah yang besar, karena pada akhirnya pelatih terbaik memenangkan titel karena kami ada di klub besar dengan pemain besar,”

“Para pelatih terbaik, adalah mereka yang bisa mempengaruhi generasi baru sebuah tim, terutam para pemain mereka. Pengaruh yang dimiliki Johan terhadap semua pemain, saya tidak ingat semua nama dari Ajax, [Marco] van Bastern, [Frank] Rijkaard, dan faktanya, semua pemain tersebut saat ini menjadi seorang pelatih”

“Banyak pemain dari Barcelona yang sekarang beralih profesi menjadi pelatih. Harus diakui bahwa pengaruh yang diberikan oleh Johan sejatinya, sangat besar, itu sebabnya kami berusaha semua yang ia ajari kepada kami. Impak dia sangat besar, jadi, dia tidak bisa dibandingkan dengna pelatih lain karena dia sangat spesial” Ujar Pep.