Harry Kane Mandul, benarkah salah Rooney ?

Harry Kane Mandul, benarkah salah Rooney Harry Kane Mandul, benarkah salah Rooney

Akhir-akhir ini dunia sepakbola Inggris sedang ramai membicarakan Harry Kane, bukan karena pemain ini menampilkan permainan cemerlang. Namun sebaliknya, karena Kane mandul dan tidak memberikan penampilan sempurna ke timnas, seperti halnya yang ia berikan di level klub bersama Tottenham Hotspurs. Beberapa pemberitaan pun membahas peran Kane bahkan di sosial media timbul cibiran terhadap striker muda yang berhasil mencetak gol musim lalu ini.

Namun pandangan berbeda di sampaikan oleh Chris Sutton ketika melihat pertandingan Slovakia vs Inggris dalam rangka kualifikasi piala dunia 2016. Sutton yang merupakan mantan pemain Timnas Inggris dan Chelsea ini menyatakan bahwa buruknya penampilan Harry Kane tidak lepas dari kurangnya sokongan dari Wayne Rooney di lini depan. Sutton menilai Rooney terlalu egois dan mementingkan keinginannya.

“Sam Allardyce salah telah membiarkan Rooney bermain terlalu ke tengah, seharusnya Big Sam lebih tegas untuk menyuruh Rooney untuk bermain lebih ke depan,” Ungkap Sutton.

“Dengan cara bermain Rooney yang seperti itu maka Harry Kane menjadi lebih terisolasi di lini depan sehingga mematikan perannya sebagai striker. Agar Kane dapat lebih efektif maka ia membutuhkan pemain yang dapat mendukungnya di lini depan. Rooney tidak bisa bermain dengan sesuka hatinya, ini bukanlah sebuah laga persahabatan. Jika tidak mendukung Kane maka timnas Inggris juga yang akan menderita,” Tambah Sutton.

Dalam pertandingan menghadapi Slowakia, Rooney memang terlihat sering menjemput bola ke lini tengah di banding menunggu sokongan dari lini tengah dan berkreasi di depan. Di lain sisi Sutton pun menyoroti permainan timnas Inggris yang minim kreatifitas,

“ Permainan timnas Inggris sangat kaku, tidak luwes dalam melakukan permainan dan bermain dengan pola yang tidak jelas,” tutup Sutton.

Sebagai sebuah tim yang di limpahi banyak pemain muda berkualitas, permainan timnas Inggris memang sangat mengecewakan. Mereka gagal total di euro 2016 Perancis dan masih belum menampilkan permainan terbaik pasca pemecatan Brendan Rodgers.

Dalam pertandingan menghadapi Slovakia tersebut, Inggris harus menunggu hingga menit-menit terakhir untuk mendapatkan gol semata wayang dari Adam Llalana. Pemain-pemain bagus yang besar bersama klub Inggris seperti Delle Alli, Harry Kane, Jamie Vardy gagal mentransfer kemahirannya ke timnas.