Barcelona Selamat, Madrid Babak Belur Dihantam Virus FIFA

Barcelona sejauh ini selamat dari virus FIFA ketika wabah tersebut menghantam rival abadi mereka Real Madrid ketika dua penggawa utama justru membawa pulang ‘oleh-oleh’ cedera usai menjalani laga Internasional. Kondisi kelelahan pemain hingga ancaman cedera setelah jeda internasional, membuat media Spanyol memberikan julukan virus FIFA.

Setiap tahun tradisi tersebut seakan menjadi momok menakutkan buat semua klub besar Eropa, tidak terkecuali Barca dan Madrid. Deretan pemain kelas dunia penghuni skuat La Blaugrana dan El Real, membuat kedua klub raksasa Liga Spanyol itu paling banyak menyumbang pemain di jeda internasional. Beruntung Barca sejauh ini terhindar dari virus FIFA, meski Gerard Pique mengalami cedera ringan saat membela Spanyol kontra Ukraina.

Kabar ini jelas jadi angin segar buat skuat asuhan Luis Enrique ketika beberapa pemain seperti Neymar, Rafinha dan Lionel Messi jadi pesakitan sebelumnya. Tidak seperti Real Madrid, pemain skuat Catalan cenderung terhindar dari cedera serius setelah membela negara mereka masing-masing. Seperti diketahui ruang pemulihan La Blaugrana telah penuh sejak Juli lalu dengan sebagian besar cedera yang dialami pemain adalah ketika membela klub maupun pada sesi latihan.

Sejauh ini, virus FIFA tidak mengenai Barca ketika Busquets absen bela skuat timnas Spanyol kontra Ukraina yang berakhir untuk kemenangan La Furia Roja dengan skor tipis 1-0. Sedangkan Mascherano dan Rakitic yang masing-masing membela Argentina serta Kroasia terhindar dari risiko cedera. Lalu ada juga Jeremy Mathieu dan Ivan Rakitic yang tetap dalam kondisi prima.

Situasi berbeda justru dirasakan kubu Madrid yang semakin parah setelah dua penggawa utama Karim Benzema dan Luka Modric menderita cedera serius saat melakoni laga bersama negaranya. Skuat asuhan Rafa Benitez semakin babak belur ketika Pepe, Danilo, Dani Carvajal, James Rodriguez dan Sergio Ramos masih berjuang keras memulihkan kondisinya.

Sedikitnya ada tujuh pemain Madrid yang harus menjalani pemulihan dan ini tentu jadi kabar buruk untuk kubu Los Blancos jelang laga kontra Levante dan tetangga sekota Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol 2015-2016. Skuat Madrid hanya menyisakan Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos sebagai andalan untuk menghadapi laga selanjutnya. Rotasi pemain menjadi kewajiban buat Benitez, bila ingin tetap menjaga peluang di papan atas klasemen sementara Spanyol.

sumber sindo