Ballon d’Or 2015: Pemenangnya Adalah ….

Ballon d’Or 2015 sudah dimulai dan pemenang untuk kategori individu pemain sepak bola pria yang memiliki tiga nominasi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar adalah ….

Upacara dimulai dengan memperkenalkan ketiga nominasi untuk individu pemain sepakbola perempuan dan pria. Untuk perempuan adalah Carli Lloyd, Aya Miyama dan Celia Sasic. Sedangkan untuk laki-laki seperti yang kita sudah tahu adalah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar.

Pembawa acara menanyakan beberapa pertanyaan soal performa, cita-cita dan pendapat mereka soal nominasi Ballon d’Or ini.

Setelah itu dilanjutkan dengan tayangan nominasi tiga gol-gol terindah yang akan memenangkan penghargaan Puskas Award. Semua yang masuk penilaian adalah gol-gol yang terjadi pada periode September 2014 sampai September 2015. Pengumuman gol terindah akan dilakukan sekitar 40 menit lagi atau sekitar pukul 01.10 WIB Selasa dinihari.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman FIFA World XI yang ternyata isinya adalah: Manuel Neuer, Thiago Silva, Marcelo, Sergio Ramos, Dani Alves, Andres Iniesta, Luka Modric, Paul Pogba, Neymar, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

Selengkapnya: Kiper: Manuel Neuer; Pemain Belakang: Dani Alves, Sergio Ramos, Thiago Silva, Marcelo. Pemain Tengah: Andres Iniesta, Paul Pogba, Luka Modric. Striker: Neymar, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo.

Daftar pemain untuk tim terbaik dunia ini ditentukan oleh sesama pemain profesional yang mencapai 26.000 suara untuk tahun ini.

Setelah itu nominee pertama untuk pemenang kategori perempuan, yaitu Carli Lloyd, dipanggil untuk diwawancara di atas panggung. Menyusul kemudian kesaksian dari Arda Turan perihal Lionel Messi, salah satu calon kategori laki-laki.

Messi kemudian dipanggil ke atas panggung dan diwawancara soal kehidupannya, soal lima trofi yang diraihnya bersama Barcelona.

Giliran beralih ke pengumuman kandidat pemenang untuk kategori pelatih tim sepak bola perempuan: Jill Ellis (Amerika Serikat), Mark Sampson (Inggris), Norio Sasaki (Jepang). Pemenangnya adalah Jill Ellis dari tim sepak bola wanita Amerika Serikat.

Jill-Ellis

Setelah itu dibacakan tiga kandidat calon pemenang kategori pelatih tim pria, yakni Pep Guardiola (Bayern Munchen), Jose Enrique (Barcelona) dan Jorge Sampaoli (timnas Chile). Dan pemenangnya adalah Luis Enrique, yang karena tidak hadir, maka trofinya diterima oleh direktur teknik FC Barcelona.

Luis-Enrique

Setelah diselingi dengan wawancara kandidat kedua kategori pesepakbola wanita Ana Miyama, dan penghargaan Fair Play, acara dilanjutkan ke presentasi soal gol-gol Cristiano Ronaldo. Segmen Ronaldo diawali dengan kesaksian oleh Marcelo yang mengaku geli karena Ronaldo tak bisa melompat terlalu tinggi. Ronaldo yang berada di sebelahnya ikut tertawa.

Setelah itu Cristiano Ronaldo dipanggil ke atas panggung. Untuk sesaat ia berdiri seperti saat mengambil ancang-ancang tendangan bebas di lapangan, kakinya merentang sedikit, sebelum dirapatkannya sembari menjawab pertanyaan dua announcer acara itu.

Setelah satu perkenalan atas kandidat ketiga kategori perempuan, Celia Sasic, acara dilanjutkan dengan tayangan soal Piala Dunia Wanita tahun 2015 dengan 24 peserta dan 146 gol yang memecahkan rekor jumlah penonton TV di seluruh dunia dan mencatatkan 9 milyar twit di dunia maya.

Sekilas ditayangkan kembali cuplikan gol-gol kandidat untuk FIFA Puskas Award: Alessandro Florenzi, Wendell Lira, dan Lionel Messi. Dan pemenangnya adalah: Wendell Lira dari Brasil!

Lira-700x426

Sesaat kemudian perkenalan soal Neymar. Pertama oleh Ronaldo da Lima, kemudian oleh Dani Alves. Setelah itu diumumkan pemenang untuk kategori wanita adalah Carli Lloyd dari Amerika Serikat.

Carli-Lloyd-700x409

Akhirnya setelah 1,5 jam tiba juga giliran pembacaan pemenang kategori pria, yang dibacakan oleh Rikardo Kaka, pemain legenda Brasil yang kini merumput di Amerika Serikat. Dan pemenangnya adalah ….. LIONEL MESSSSSI!!!

Messi-700x418

Daftar lengkap calon pemenang Ballon d’Or untuk kategori pria tahun ini adalah:

The Ballon d’Or long list in full

Claudio Bravo – Barcelona
Javier Mascherano – Barcelona
Andrés Iniesta – Barcelona
Lionel Messi – Barcelona
Ivan Rakitic – Barcelona
Neymar – Barcelona
Luis Suárez – Barcelona
Gareth Bale – Real Madrid
Karim Benzema – Real Madrid
Sergio Ramos – Real Madrid
Cristiano Ronaldo – Real Madrid
Luka Modric – Real Madrid
James Rodríguez – Real Madrid
Toni Kroos – Real Madrid
Giorgio Chiellini – Juventus
Paul Pogba – Juventus
Alvaro Morata – Juventus
Arturo Vidal – Juventus/Bayern Munich
Andrea Pirlo – Juventus/New York City FC
Carlos Tevez – Juventus/Boca Juniors
Robert Lewandowski – Bayern
Arjen Robben – Bayern
David Alaba – Bayern
Thomas Müller – Bayern
Manuel Neuer – Bayern
Wilfried Bony – Manchester City
Yaya Touré – Manchester City
Sergio Agüero – Manchester City
Nicolás Otamendi – Valencia/Manchester City
Kevin De Bruyne – Wolfsburg/Manchester City
Diego Costa – Chelsea
Willian – Chelsea
Thibaut Courtois – Chelsea
Eden Hazard – Chelsea
Edinson Cavani – Paris Saint-Germain
Zlatan Ibrahimovic – PSG
Javier Pastore – PSG
Wayne Rooney – Manchester United
David de Gea – Manchester United
Memphis Depay – PSV/Manchester United
David Ospina – Arsenal
Alexis Sánchez – Arsenal
Antoine Griezmann – Atlético Madrid
Jackson Martínez – Porto/Atlético Madrid
Carlos Bacca – Sevilla/Milan
Giovani dos Santos – Villarreal/LA Galaxy
Philippe Coutinho – Liverpool
Son Heung-min – Bayer Leverkusen/Tottenham
Christian Atsu – Everton/Bournemouth
Paolo Guerrero – Flamengo/Corinthians
Eduardo Vargas – QPR/Hoffenheim
Gary Medel – Internazionale
Harry Kane – Tottenham
Alexandre Lacazette – Lyon
Andrés Guardado – PSV
Carlos Sánchez – River Plate
André Ayew – Marseille/Swansea
Massimo Luongo – Swindon/QPR
Shinji Okazaki – Mainz/Leicester

sumber gilabola