Aleksander Cerefin Pimpin UEFA Gantikan Platini

aleksander-cerefin-pimpin-uefa-gantikan-platini

Aleksander Ceferin akhirnya terpilih sebagai presiden baru asosiasi sepakbola Eropa atau UEFA menggantikan Michel Platini. Ceferin terpilih setelah berhasil mengalahkan kandidat lainnya, Michael van Praag pada pemilihan hari Rabu (14/9/2016) ini, yang dilakukan di Athena, Yunani.

Ketua asosiasi sepakbola Slovenia ini memang sudah difavoritkan untuk menggantikan mantan presiden UEFA sebelumnya yang terkena kasus, Michel Platini. Platini didesak mundur dari kursi presiden UEFA setelah terlibat skandal penyuapan yang sempat membuat heboh dunia sepakbola internasional.

Cerefin mendapatkan total 42 suara, dari 55 member UEFA. Usai terpilih menjadi presiden baru UEFA, Cerefin mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemilihnya. Dia berjanji akan memberikan yang terbaik kepada persepakbolaan Eropa dan organisasi UEFA itu sendiri.

“Kepada semua rekan-rekan, terima kasih kepada dukungan yang fantastis. Ini adalah sebuah kehormatan yang sangat besar, tapi juga menjadi tanggung jawab yang tak kalah besarnya juga. Ini sangat berarti bagi saya dan keluarga saya. Slovenia yang cantik dan kecil saya juga pasti akan ikut berbangga,” kata Cerefin usai dipastikan menang dalam pemilihan presiden baru UEFA.

Posisi presiden UEFA lowong setelah Michel Platini menyatakan mundur dari jabatannya usai terbelit skandal suap yang menyeret banyak petinggi FIFA. Platini sendiri dihukum empat tahun tidak boleh berkecimpung di dunia sepakbola. Hukuman itu dijatuhkan oleh Pengadilan Abritase Olahraga.

Sementara itu, pesaing Cerefin yang juga ketua asosiasi sepakbola Belanda Michael van Praag mengakui kekalahannya dan sekaligus mengucapkan selamat kepada Cerefin. Van Praag akan mendukung penuh UEFA yang akan dipimpin oleh Aleksander Cerefin.

“Kalah dalam pemilihan tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Tapi saya harus berterima kasih kepada semua orang untuk kampanye yang bebas ini. Hari ini demokrasi telah berbicara, saya menghormati itu. Saya akan mendukung penuh Aleksander sebagai presiden UEFA,” ujar Michael van Praag.

Aleksander Cerefin sebelumnya adalah seorang pengacara kondang di Slovenia. Karirnya terus menanjak hingga akhirnya dipercaya untuk memimpin asosiasi sepakbola Slovenia. Kini, tugas berat sudah menanti Aleksander Cerefin sebagai presiden baru UEFA. Kita tunggu saja gebrakan-gebrakan apa yang akan dilakukan oleh Cerefin.