5 Hal Wajib Dilakukan Barca Untuk Taklukkan Madrid di El Clasico

Hari Minggu (22/11) bisa menjadi salah satu pekan terpanas yang akan terjadi di La Liga musim ini. Pasalnya di hari itu, dua seteru abadi yang kini berada di dua besar klasemen akan saling berhadapan di laga bertajuk El Clasico.

Pada pertemuan terakhir, Barcelona yang saat ini memimpin klasemen La Liga berhasil membungkam Real Madrid lewat skor 2-1 di Camp Nou. Belajar dari pertemuan terakhir tersebut, pelatih Luis Enrique perlu mempertimbangkan lima hal di bawah ini demi membawa pulang poin penuh dari Stadion Santiago Bernabeu.

1. Cadangkan Iniesta
Tidak ada yang meragukan kemampuan Iniesta sebagai seorang gelandang terbaik dunia. Selama bertahun-tahun ia sukses menjadi pilar utama Barcelona di lini tengah. Tetapi menjelang laga penting El Clasiconanti, alangkah baiknya Rafael Benitez mencadangkan Iniesta.

Meski Iniesta merupakan sosok sarat berpengalaman di kubu Barcelona, namun dalam beberapa laga terakhir melawan Madrid ia menjadi titik kelemahan Barca. Di El Clasico tahun lalu, Iniesta melakukan kesalahan fatal hingga berujung kepada lahirnya dua gol Madrid.

Musim ini juga Iniesta belum bisa berkontribusi banyak untuk Barcelona. Ia hanya bermain di 6 laga tanpa membuat satupun assist maupun gol. Mengingat pentingnya laga El Clasico ini, Enrique harus mempertimbangkan untuk memberikan tempat Iniesta kepada gelandang lain yang lebih bisa memberi dampak bagi permainan Barcelona.

2. Matikan Ronaldo
Meski hal ini sudah menjadi pengetahuan umum, namun Barcelona memang harus memikirkan strategi khusus untuk mematikan peran Cristiano Ronaldo. Bukan berlebihan, mengingat Ronaldo selama ini menjadi momok Barca di laga El Clasico dan masih menjadi andalan utama di lini depan Los Blancos.

Kewajiban mematikan Ronaldo ini terlihat jelas dari statistik serangan Real Madrid. Tercatat 42% serangan Real Madrid dimulai dari sayap kiri mereka, posisi yang ditempati oleh Ronaldo. Tugas utama untuk mematikan Ronaldo bakal berada di pundak Dani Alves yang berada di sisi kanan pertahanan Barca.

3. Waspada Skema Counter Attack
Dalam laga El Clasico terakhir, Barcelona sedikit lebih mendominasi jalannya pertandingan. Anak asuh Luis Enrique ini gencar melancarkan serangan sehingga mereka terkadang lengah dengan kemungkinan serangan balik dari lawan.

Hal ini tercermin dari gol Cristiano Ronaldo pada laga El Clasico terakhir, dimana dengan skema serangan balik, Ronaldo sukses menaklukan gawang Claudio Bravo. Selain itu tercatat ada setidaknya empat peluang berbahaya Real Madrid yang menggunakan skema counter attack.

4. Maksimalkan Through Pass
Berbeda dengan Real Madrid yang masih mengandalkan kekuatan sayap mereka dalam menyerang, Barcelona lebih mengandalkan kekuatan gelandang mereka dalam menyerang. Hal ini terbukti dari 41% serangan yang dibangun Barcelona pada laga El Clasico terakhir berada di sisi tengah lini serang mereka.

Pada pertemuan terakhir kedua tim, Defender Real Madrid sering dibuat kalang kabut dengan umpan terobosan para gelandang Barca. Tercatat ada kurang lebih empat peluang emas Barcelona yang lahir dari umpan terobosan, salah satunya peluang emas Neymar yang nyaris berbuah gol.

5. Berikan Support Ekstra Untuk Neymar
Kendati status Lionel Messi masih diragukan untuk bisa tampil pada laga El Clasico nanti, Barcelona bisa bernafas lega karena mereka memiliki mesin gol lainnya dalam tubuh Neymar.  Semenjak Messi Absen, Neymar tampil on fire dengan mencetak delapan gol dari lima penampilan terakhirnya bersama Barcelona.

Demi memaksimalkan peran Neymar, Barcelona harus memberikansupply bola yang bagus kepada Neymar. Hal ini dikarenakan 43% gol yang dicetak ke gawang Madrid berasal dari tembakan ke arah kanan bawah gawang, yang merupakan target ideal bagi Neymar yang bermain di sisi penyerang kiri.

sumber bola.net