5 Alasan FC Barcelona Tetap Kuat Tanpa Kehadiran Lionel Messi

VIGO, SPAIN - SEPTEMBER 23: Lionel Messi of FC Barcelona looks dejected after the La Liga match between Celta Vigo and FC Barcelona at Estadio Balaidos on September 23, 2015 in Vigo, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)

​Absennya Lionel Messi dari skuat FC Barcelona sejak akhir September akibat mengalami cedera memang membuat kekuatan skuat Barça kesulitan dalam beberapa pertandingan terakhir, namun nyatanya mereka masih dapat meraih berbagai kemenangan penting dan berada dalam posisi yang dekat dengan Real Madrid pada klasemen sementara La Liga Spanyol.

Berikut adalah lima alasan FC Barcelona tetap dapat bertahan kuat tanpa kehadiran Lionel Messi.

5. Performa Apik Para Gelandang

Lini tengah adalah bagian penting dalam skema penyerangan FC Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Pemain-pemain seperti Andrés Iniesta, Xavi Hernández, Sergio Busquets, berperan besar dalam produktivitas gol Barça dalam beberapa tahun terakhir.

Kini, dua nama baru muncul dalam kesukesan Barça musim ini tanpa kehadiran Lionel Messi. Kedua pemain tersebut adalah Ivan Rakitić dan Sergi Roberto.

4. Keberhasilan Luis Enrique Menghilangkan Messidependencia

Musim 2013/14 menjadi bukti FC Barcelona benar-benar membutuhkan performa puncak dari seorang Lionel Messi untuk meraih kesuksesan. Sayangnya saat itu Messi absen beberapa kali akibat mengalami cedera dan raihan golnya gagal membawa Barça meraih gelar juara.

Kini dengan kehadiran Luis Suárez, Neymar, dan Ivan Rakitić, sebuah tradisi yang disebut sebagai Messidependencia berhasil dihilangkan oleh pelatih utama yaitu Luis Enrique.

3. Kepemimpinan Gerard Piqué

​Salah satu pertanda tim kelas dunia adalah keadaan skuat mereka yang memiliki pemimpin di segala lini. FC Barcelona, dengan lini belakang mereka yang dulu terkenal dengan kepemimpinan Carles Puyol, membuat tugas mereka untuk menggantikan pengaruh itu sulit pada akhir musim 2013/14.

Kini mantan rekan Puyol, Gerard Piqué, muncul sebagai seorang pemimpin baru pada lini belakang Barça. Kehadirannya membuat lini belakang Barça terlihat solid dalam beberapa pertandingan terakhir.

2. Kebangkitan La Masia

Dalam beberapa tahun terkahir talenta yang dihasilkan oleh akademi FC Barcelona, La Masia, mendapat kesulitan untuk masuk ke tim utama akibat berbagai bintang yang dimiliki. Saat ini dengan absennya Lionel Messi yang mengalami cedera, dua pemain baru dapat masuk.

Munir El Haddadi dan Sandro Ramírez dapat menjadi solusi pemecah kebuntuan bagi Barça di masa depan.

1. Pembuktian Neymar

​Sejak datang pada musim 2013/14, Neymar dianggap sebagai pemain yang berpotensi menggantikan posisi Lionel Messi sebagai pemain terbaik di FC Barcelona. Memang untuk mencapai hal itu adalah sebuah permintaan yang sulit.

Kini dengan absennya Messi, Neymar mampu membuktikan kemampuannya di lapangan dan membungkam kritik yang meragukan potensinya sebagai calon raja baru di Camp Nou.

Sumber Bola.net