10 Pemain Terbaik Juventus Sepanjang Masa

Juventus memiliki beberapa legenda besar, seperti Platini, Sivori, Boniperti, Zidane dan Nedved. Tapi siapa yang berhasil masuk ke XI terbaik sepanjang masa?

Kiper: Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Gigi secara luas dianggap sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Juve. Kemampuan shot stopper yang luar biasa dan kepribadian yang besar adalah alasan ia telah bermain 357 pertandingan bersama Juve sejak tahun 2001 dan dia adalah kapten Nyonya Tua saat ini.  Bursa bola Juventus membayar mahal untuk membeli Buffon dari Parma, membuatnya transfer termahal dalam sejarah mereka.

Bek kanan: Lillian Thuram

lilian thuram

Pemain Prancis ini adalah salah satu bek terbaik dari generasinya,  dengan tubuh yang kuat, kecepatan dan kemampuan yang luar biasa. Dia muncul dalam kostum hitam-putih 144 kali, memenangkan dua Kejuaraan Italia dan dua Piala Super Italia.

Bek: Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro adalah pemain belakang tim nasional Italia yang juga turut membawa Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006. Cannavaro lahir di Naples, Italia, 13 September 1973. Hingga musim 2008-2009, Cannavaro yang menjabat kapten tim nasional Italia

Bek: Claudio Gentile

84293_claudio_gentile_663_382

Gentile dikenal sebagai salah satu bek paling sulit ditembus dan tacklers sengit yang pernah menginjakkan kaki di lapangan dan sebagai orang yang dibongkar Diego Maradona di Piala Dunia 1982 di Spanyol. Ia bermain 283 kali dalam duetnya dengan dengan Scirea, dan memenangkan enam gelar Serie A ..

Bek kiri: Antonio Cabrini

Antonio Cabrini

Salah satu bek kiri yang paling dominan di tahun 80-an, Cabrini adalah crosser besar dan cepat, konsisten dan kuat sebagai bek. “Bell ‘Antonio” memenangkan 297 caps dengan sisi Turin, di mana ia merayakan enam Kejuaraan Italia dan Piala Eropa 1985.

Gelandang Bertahan: Marco Tardelli

Italian forward Marco Tardelli (L) and West German defender Paul Breitner run after the ball during the World Cup final between Italy and West Germany 11 July 1982 in Madrid. Italy beat West Germany 3-1, with Tardelli scoring one goal, to earn its third World title after 1934 and 1938. AFP PHOTO

Italian forward Marco Tardelli (L) and West German defender Paul Breitner run after the ball during the World Cup final between Italy and West Germany 11 July 1982 in Madrid. Italy beat West Germany 3-1, with Tardelli scoring one goal, to earn its third World title after 1934 and 1938. AFP PHOTO

Seorang anggota tak terpisahkan dari skuad La Vecchia Signora di tahun 70-an dan 80-an, membuat 259 penampilan, Tardelli memberikan keseimbangan besar di lini tengah dengan skill dan positioningnya yang sangat baik.

Gelandang Kanan: Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Pesepakbola Eropa terbaik dalam 50 tahun terakhir versi UEFA, tiga kali Player of the Year FIFA, pemenang Ballon d’Or dan banyak hal lain yang bisa dikatakan tentang legenda Prancis ini. Ia bermain 151 kali untuk Juve, memenangkan dua Serie-A dan UEFA Supercup. Skill yang luar biasa dan gaya bermainnya membius Italia selama lima tahun.

Gelandang Kiri: Pavel Nedved

Pavel Nedved

Seorang pemain sepak bola yang memberikan segalanya di lapangan selama bermain di Juventus, Pavel Nedved secara luas dikenal karena energinya di lapangan, tembakan keras dan kemampuannya mencetak gol. The “Furia Ceca” (Czech Fury) membawa Bianchoneri ke  final Liga Champion 2003, dimana mereka kalah dari Milan dalam adu penalti. Ia juga memenangkan Ballon d’Or di tahun yang sama.

Gelandang Menyerang: Michel Platini

Michael Platini

Legenda Perancis adalah salah satu pemain paling penting yang pernah mengenakan kemeja Juventus. Presiden UEFA ini bermain 147 pertandingan untuk klub Turin dan pemimpin mutlak dalam kemenangan Piala Eropa 1985. “Le Roi” (Raja) adalah seorang playmaker yang menakjubkan, spesialis tendangan bebas dan memenangkan Ballon d’Or tiga kali berturut-turut, yang membuat orang menganggap dia sebagai salah satu playmaker terbaik dalam sejarah sepakbola.

Striker: Alessandro Del Piero

delpiero

Pemegang rekor yang paling banyak tampil di klub (705), Del Piero, juga memegang rekor gol untuk klub (290). Ia memenangkan enam kejuaraan Italia dengan Bianconeri dan membawa mereka ke  trofi Liga Champions 1996 melawan Ajax. Berbekal kemampuan yang lengkap yaitu  tembakan akurat, teknik yang hebat dan kemampuan mencetak gol, “Pinturicchio” mungkin pemain yang paling dicintai dalam sejarah Juventus.